Budidaya Jamur Tiram Agar Menghasilkan Banyak

Mengambil dari pengalaman saya sebagai siswa SMA Yadika Natar, saya mengikuti ekstrakulikuler KIR Ipa, saya dan teman-teman saya ditugasi untuk membudidayakan jamur tiram, alasan kami mengembangkan budidaya ini di sekolah adalah bila kami mendapatkan untung maka akan disumbangkan pada orang yang tidak mampu disekolahan kami,
sekarang saya akan membagikannya ke pada sobat sekalian tentang budidaya jamur tiram.

Mengenali Jamur Tiram
Jamur tiram (pleurotus osteatus) adalah
jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh dan buah berwarna putih jingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.


membuat media tempat pembudidayaan jamur tiram
jamur tiram tidak bisa terkena matahari langsung, tempat yang ditinggalinya pun harus lembab, kalau tidak maka pertumbuhan jamur tiram akan melambat, jika tempat sudah terpilih sekarang tinggal membuat tempat pembudidayaannya saja, sobat bisa membuatnya dari bambu, dan kayu, tempat jamur tiram dapat kita buat seperti sekatan ini bertujuan agar jamur yang di budidaya dapat tertampung banyak.

budidaya jamur tiram. photo original by christopher (ilmuchris)


Bibit Jamur Tiram
untuk bibit jamur tiram sobat semua bisa membelinya ditoko atau pembuat bibit jamur tiram, karena tahap untuk membuat bibit jamur tiram sangatlah susah dan butuh kesabaran, harga bibit jamur tiram berkisar 3000-4000 rupiah/1silinder bibit jamur tiram, Murah bukan?  dari pada harus susah payah membuat dan belum tentu jadi.

Perawatan jamur tiram
untuk hari pertama jamur tiram, sebaiknya sobat jangan dulu membuka tutup hitam, tunggu saja sampai hari ke empat, setelah hari ke empat sobat bisa buka penutup jamur tiramnya, dan sobat juga sudah bisa menyiramnya untuk penyiramannya dianjurkan 3-4 kali sehari(pagi, siang, sore, bahkan malam), agar jamur tiram tidak mengalami kekeringan. dan berilah pupuk 1 minggu 2kali. cara membuat pupuk, lakukan langkah diatas sampai terus menerus.

tahap panen jamur tiram
untuk jamur tiram yang sudah berusia 1- 2 minggu, pasti sudah ada jamur tiram yang bisa di panen.

budidaya jamur tiram. photo original by christopher (ilmuchris)

gambar di atas adalah jamur tiram yang siap untuk sobat panen, teknik memanennya: jangan buru-buru untuk memetiknya goyang saja dikit-dikit sampai jamur tiram lepas dari silindernya, bila sobat memetiknya secara langsung maka kayu pada silinder akan berlubang, makanya tuh hati-hati.
jika pada hari berikutnya ada jamur tiram yang sudah besar petik saja jangan sampai jamur keburu layu.
jika panenan sobat sudah banyak maka segera jual jamur tiram ke pengepul jamur atau kepasar.

budidaya jamur tiram. photo original by christopher (ilmuchris)

sekian artikel saya tentang jamur tiram, saya berharap postingan saya kali ini bermanfaat bagi sobat semua terimakasih. baca juga: cara menanam sayuran menggunakan teknik hidroponik

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »